Keju Feta Kelezatan Yunani yang Menggoda Selera

By | 29 Juni 2024

Keju Feta adalah salah satu keju yang paling ikonik dari Yunani, terkenal dengan rasa gurih dan tekstur yang padat serta sedikit rempah-rempah. Merupakan bagian penting dari masakan Yunani, keju Feta telah menjadi favorit di meja makan dari pulau-pulau Aegean hingga restoran-restoran mewah di seluruh dunia. Mari kita telusuri lebih lanjut asal-usulnya, cara pembuatannya, serta cara menikmati kelezatan keju Feta ini.

Asal-Usul Keju Feta

Keju Feta memiliki sejarah yang kaya di Yunani yang dapat ditelusuri kembali ribuan tahun. Dibuat dari campuran susu domba dan kadang-kadang susu kambing, keju Feta telah menjadi bagian integral dari masakan Yunani sejak zaman kuno. Di wilayah-wilayah pedesaan dan pulau-pulau Yunani, pembuatan keju Feta adalah seni turun-temurun yang diwarisi dari generasi ke generasi.

Cara Pembuatan Keju Feta

Proses pembuatan keju Feta dimulai dengan pengumpulan susu segar dari domba atau kambing yang dipelihara dengan baik di Yunani. Susu tersebut kemudian dipasteurisasi dan dicampur dengan kultur bakteri dan enzim rennet untuk memulai proses fermentasi. Setelah curd terbentuk, curd dipisahkan dari whey dan dimasukkan ke dalam cetakan.

Setelah itu, curd dipadatkan dan dipotong menjadi blok-blok kecil. Blok-blok ini kemudian diasinkan dalam larutan garam selama beberapa hari atau minggu untuk menghasilkan rasa yang khas. Setelah proses perendaman selesai, keju Feta dipindahkan ke dalam wadah yang berisi larutan air garam untuk penyimpanan lebih lanjut.

Cita Rasa dan Penyajian

Keju Feta memiliki cita rasa yang gurih dan asin, dengan sedikit rasa asam yang menyegarkan. Teksturnya padat namun lembut, membuatnya cocok untuk dimakan mentah atau digunakan dalam berbagai hidangan. Di Yunani, keju Feta sering disajikan dalam bentuk potongan besar atau dipotong menjadi kubus-kubus kecil dan ditambahkan ke dalam hidangan-hidangan seperti salata, moussaka, atau spanakopita.

Di luar Yunani, keju Feta juga sangat populer dan sering digunakan dalam hidangan-hidangan internasional. Keju ini bisa menjadi tambahan yang lezat dalam salad, pizza, atau hidangan pasta. Dalam hidangan apapun, keju Feta memberikan sentuhan rasa yang khas dan menyegarkan.

Kesimpulan

Keju Feta adalah salah satu keju yang paling terkenal dan dihormati di dunia, dengan sejarah yang kaya dan rasa yang gurih serta sedikit asin. Dari ladang-ladang di Yunani hingga meja makan di seluruh dunia, keju Feta telah menjadi simbol dari kekayaan alam dan budaya Yunani. Dengan cita rasa yang konsisten dan fleksibilitas dalam penyajian, keju Feta akan selalu menjadi pilihan yang populer bagi para pecinta keju di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *